IMPLEMENTASI LINK AND SUPER MATCH, PENGUATAN KERJASAMA SEKOLAH DENGAN DUDIKA SMK PUSAT KEUNGGULAN

 

Pekanbaru-SMKNPT, Program pendampingan dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria dan telah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. Adapun pendampingan yang diberikan adalah dalam bidang Kurikulum dimana pendampingan implementasi kurikulum dilakukan oleh perguruan tinggi dan secara substansi kejuruan didampingi oleh unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Penilaian hasil belajar peserta didik diutamakan pada pencapaian keterampilan non teknis (soft skills), karakter kesiapan kerja dan keterampilan teknis (hard skills) sesuai
dengan kebutuhan dunia kerja. Sedangkan evaluasi implementasi kurikulum dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi bersama dengan unit kerja yang bertanggung jawab terhadap kurikulum dan dunia kerja. Pendampingan juga dilakukan dalam rangka pemenuhan standar sarana dan prasarana melalui analisis tingkat kebutuhan, kerusakan, pemeliharaan dan penataan sarana dan prasarana. Dalam hal ini pendamping SMKN Pertanian Terpadu Pekanbaru sebagai SMK Pusat Keunggulan adalah Sekolah Vokasi IPB.

Adapun program pendampingan SMK PK ini akan mencakup kegiatan:
- Melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan Program SMK Pusat Keunggulan.
- Menganalisa kekuatan dan kelemahan, serta mengembangkan potensi yang ada di sekolah, baik sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya, untuk mencapai tujuan Program SMK Pusat Keunggulan.
- Membantu SMK dalam merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi kegiatan yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Program SMK Pusat Keunggulan.
- Melaksanakan koordinasi dengan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, perguruan tinggi lainnya, dinas pendidikan provinsi, dan dinas terkait.
Melakukan pendampingan pemenuhan 8 (delapan) standar nasional pendidikan dan implementasi link and match dengan dunia kerja.
- Memfasilitasi dan/atau melatih pelaksanaan in house training kepada kepala SMK, pengawas dan guru SMK pelaksana Program SMK Pusat keunggulan.
- Memfasilitasi implementasi pembelajaran berbasis komunitas kepada guru dan kepala SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan serta pengawas sekolah.
- Mendampingi kepala sekolah di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan dalam penyusunan perencanaan, pengelolaan dan pengembangan SMK.
- Mendampingi penggunaan teknologi bagi guru dan kepala SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan.
- Melaksanakan penyusunan, pemantauan, evaluasi dan tindak lanjut capaian pembelajaran di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan.

Tepatnya pada tanggal 15-16 September 2021 SMKN Pertanian Terpadu Pekanbaru mengadakan acara "Implementasi Link and Super Match, Penguatan Kerjasama Sekolah dengan DUDIKA SMK PUSAT KEUNGGULAN" yang diadakan secara luring di Ruang rapat Lantai 2 SMKN Pertanian. Nara sumber dalam acara ini adalah Ibu Dr. Ulani Yunus dari Binus University, Bapak Agief Julio Pratama, SP, M. Si dari Sekolah Vokasi IPB dan Bapak Armadi Akuntansi, SE, M. Si dari IKPP.
Acara ini juga turut mengundang DUDIKA yang telah bekerjasama dengan SMKN Pertanian yaitu:
1. Bapak Riandoko (PT. Arara Abadi)
2. Bapak Budiman Harahap, SP (PT. Sinarmas Forestry)
3. Bapak Khairudin (PT. Panca Surya Garden)
4. Bapak Fahmi Nanda (PT. Rotte Ragam Rasa)
5. Bapak Parwis Nasution (PT. Semesta Mitra Sejahtera)
6. Bapak Supriyadi (Dolphin Farm)

Dilaksanakan selama 2 hari, acara ini diharapkan dapat menghasilkan formulasi kerjasama yang memenuhi aspek 8+i dari SMK Pusat Keunggulan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *