Workshop Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOS) SMK Pusat Keunggulan

Pekanbaru-SMKNPT, 27 Agustus 2021 tepatnya dimulai pada pukul 13.30 WIB, termasuk kedalam rangkaian pengembangan SMK Pusat Keungulan, SMKN Pertanian Terpadu Pekanbaru menyelenggarakan "Workshop Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOS) SMK Pusat Keunggulan. Bertempat di ruang rapat lantai 2 SMKN Pertanian Terpadu workshop ini menghadirkan pembicara yaitu Bapak Drs. Alman, M. Pd.

Bapak Alman menyampaikan bagaimana cara memahami prinsip penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan, memahami proses penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan, menganalisis karakteristik satuan pendidikan untuk desain kurikulum operasional satuan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan (kontekstual) serta bagaimana memahami pentingnya kurikulum operasional sebagai acuan dalam refleksi berkelanjutan.

Dalam hal memahami pentingnya peran guru sebagai bagian penting dalam proses penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan, guru dituntut untuk mampu melakukan analisis karakteristik satuan pendidikan untuk desain kurikulum operasional satuan pendidikan serta mampu menyusun draf kurikulum operasional satuan pendidikan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan (kontekstual) sehingga penggunaan kurikulum yang disesuaikan dengan tujuan untuk mengembangkan dan menguatkan kompetensi, karakter, dan budaya kerja yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Dari workshop ini diharapkan pendidik SMK Pertanian Terpadu dapat mengidentifikasi keterkaitan antara profil lulusan dengan visi dan misi sekolah, program dan pembelajaran di kelas. Serta menginvestigasi sumber daya dan tantangan pada suatu wilayah untuk merancang projek penguatan profil pelajar Pancasila pada sebuah satuan pendidikan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *