SOSIALISASI DAN KOORDINASI PENGEMBANGAN SMK PUSAT KEUNGGULAN

Pekanbaru-SMKNPT, Jum'at, 27 Agustus 2021 SMKN Pertanian Terpadu Pekanbaru mengadakan acara "Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK Pusat Keunggulan" yang dihadiri oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Prov. Riau, Zul Ikram, S. Pd, M. Pd. Secara daring dan luring di ruang rapat lantai 2 acara ini diikuti oleh pendidik SMKN PERTANIAN TERPADU PEKANBARU. Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mensosialisasikan Pengembangan SMKN Pertanian Terpadu Pekanbaru sebagai SMK Pusat Keunggulan. Program SMK Pusat Keunggulan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja. Sekolah yang terpilih dalam program SMK Pusat Keunggulan diharapkan menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya.

Upaya mewujudkan keselarasan antara SMK dengan dunia kerja dapat ditempuh melalui pemenuhan delapan aspek link and match. Pertama, kurikulum disusun bersama sejalan dengan penguatan aspek softskills, hardskills, dan karakter kebekerjaan sesuai kebutuhan dunia kerja. Kedua, pembelajaran diupayakan berbasis project riil dari dunia kerja (project based learning) untuk memastikan hardskills, softskills, dan karakter yang kuat. Ketiga, peningkatan jumlah dan peran guru/instruktur dari industri maupun pakar dari dunia kerja. Untuk itu sangat perlu dilakukan koordinasi yang baik dari warga sekolah untuk mewujudkan tercapainya keselarasan ini.

Program SMK Pusat Keunggulan mengusung semangat Merdeka Belajar yang berfokus pada penguatan SDM serta mendekatkan dunia pendidikan dengan dunia profesional. Program ini diharapkan menjadi penggerak bagi SMK di Indonesia agar meningkatkan kualitas hasil belajar siswa yang sesuai dengan standar dunia usaha dan dunia industri (DUDI) atau dunia kerja.

Kemendikbud menyiapkan enam bentuk dukungan, di antaranya, yang pertama adalah penguatan SDM yaitu penguatan kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif. Kedua adalah pembelajaran kompetensi siap kerja dan berkarakter melalui pembelajaran, berorientasi pada penguatan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan pengembangan karakter yang sesuai nilai-nilai Pancasila. Ketiga, penguatan aspek praktik pada peserta didik yang dilakukan dengan memberikan bantuan dana hibah untuk meningkatkan sarana prasarana yang berfokus pada kelengkapan sarana belajar praktik bagi siswa yang terstandar.Keempat adalah manajemen sekolah berbasis data yang dilakukan melalui pendampingan pada sekolah. Termasuk perencanaan berdasarkan evaluasi data dan penggunaan platform digital. Kelima adalah pendampingan oleh perguruan tinggi. Keenam adalah sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk dukungan penyelenggaraan SMK yang berkelanjutan.

SMKN Pertanian Terpadu Pekanbaru dalam hal ini akan memperoleh pendampingan dari Sekolah Vokasi IPB. Dalam acara sosialisasi dan Koordinasi kali ini perwakilan dari Sekolah Vokasi IPB juga turut hadir berdiskusi daring via zoom.

Salah satu dukungan penting terhadap program SMK Pusat Keunggulan ini adalah terjadinya sinergi antarjenjang yang ditempuh melalui pendampingan oleh perguruan tinggi mencakup aspek perencanaan dan pengelolaan program SMK Pusat Keunggulan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *