SMK NEGERI PERTANIAN TERPADU PROPINSI RIAU SEBAGAI CENTER OF EXELLENT (CoE) KERJASAMA LUAR NEGERI PADA KOMPETENSI KEAHLIAN AGRIBISNIS PERIKANAN AIR TAWAR (APAT)

Menindaklanjuti implementasi Intruksis presiden Nomor 9 Tahun 201 tentang revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, salah satu amanatnya adalah perlunya revitalisasi SMK secara komprehensif untuk menghasilkan lulusan SMK yang berdaya saing dan siap menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan nasional maupun global. Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan melaksanakan kegiatan Program Pengembangan Pusat Keunggulan (Center of Excellence/CoE).

Dengan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan kejuruan ini, pusat keunggulan (Center of Excellence) SMK ini diharapkan mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia usaha/industri dan mampu untuk mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.
Pusat Keunggulan SMK adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan Industri, Dunia Usaha, Dunia Kerja (IDUKA), serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Pengembangan SMK yang menjadi Pusat Keunggulan (Centre of Excellence) dilakukan secara holistik yang mencakup:

  • Keterlibatan IDUKA yang menyeluruh dalam pengembangan SMK;
    Guru berkapasitas dan bersertifikasi yang diakui IDUKA;
  • Kepala SMK yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK menjadi Pusat Keunggulan yang diakui IDUKA
  • SMK memiliki sarana dan prasarana yang yang berstandar IDUKA;
  • SMK memiliki rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di IDUKA yang baik;
  • SMK menjadi rujukan (antara lain metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, dll) bagi SMK lainnya;
  • SMK menjadi pusat pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya

Sehubungan dengan hal tersebut maka pada tahun 2020 melalui Direktorat SMK mendukung Pemerintah Daerah Provinsi dalam mengelola SMK, telah mengalokasikan dana Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK Yang Dikembangkan Menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) yakni penyediaan sarana dan prasarana dengan menambah sarana dan prasarana di sekolah dimaksudkan untuk mendukung pencapaian kompetensi peserta didik dan pendidik.

Hasil yang diharapkan dari program ini adalah tercapainya tujuan peningkatan kualitas dan kinerja SMK untuk menjadi pusat keunggulan sesuai dengan kebutuhan IDUKA, dengan rancangan kurikulum yang dikembangkan bersama IDUKA yang dapat berbentuk Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) atau Pembelajaran Berbasis Industri (melalui Praktek Kerja Industri), dan/ atau meliputi :

  • Peningkatan persentase guru yang bersertifikasi yang diakui IDUKA sektor lainnya;
  • Pelatihan Guru dan Kepala SMK;
  • Praktek kerja lapangan yang dikembangkan bersama IDUKA;
  • Guru/Instruktur dari IDUKA sektor lainnya;
  • Sarana prasarana yang sesuai kebutuhan IDUKA sektor lainnya;
  • Persentase lulusan yang terserap IDUKA 1 tahun setelah lulus minimal 60%

Serta Adanya rencana pengembangan dan keberlanjutan Pusat Keunggulan (Center of Excellence) sektor lainnya, termasuk pengembangan pelatih Pusat Keunggulan (Center of Excellence) sektor lainnya.

SMKN Pertanian Terpadu dalam hal ini sebagai salah satu CoE untuk Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar telah melaksanakan serangkaian acara yakni:

  1. Penandatanganan kerjasama CoE dengan IDUKA yakni Giri Siswoyo Farm dan PT. Sebelas Cipta Mandiri.
  2. Sosialisasi program CoE kepada warga sekolah pada  14 Oktober 2020 dengan narasumber penanggug jawab yaitu Ibu Kepala Sekolah SMKN Pertanian Terpadu Propinsi Riau, Ibu Dra. Sudarti, MM,  PIC CoE SMKN Pertanian Ibu Rika Okviana Tamar, S.Si, M.Pd,  Bapak Ir. Siswoyo, M.Si dari Giri Siswoyo Farm dan Bapak Dedi Suryadi, ST dari PT. Sebelas Cipta Mandiri.
  3. Pembangunan Laboratorium Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar, dimana peletakan batu pertama dilakukan langsung oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Riau, Bapak Zul Ikram S.Pd, M.Pd.
  4. Workshop Penyusunan Dokumen Pembelajaran pada SMK CoE untuk Pendidik Pengampu Mapel pada Kompetensi Keahlian Agribisnis Perikanan Air Tawar  pada 19 – 21 Oktober 2020
  5. Monitoring dan evaluasi pelatihan bagi guru, bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang telah dilakukan, permasalahan yang dihadapi di sekolah. Serta melalukan evaluasi kesiapan sekolah dalam mempersiapkan laboratorium dan peralatan pendukung sesuai prinsip Internet of Thinking pada program ini.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Penandatanganan MoU dengan IDUKA

Penandatangan MoU dengan IDUKA


Pembukaan Workshop Penyusunan Dokumen Pembelajaran dalam rangka Penyelarasan Kurikulum Kompetensi Keahlian APAT untuk Program CoE

Sosialisasi dan survey kegiatan COE dari PT. Sebelas citra mandiri Bandung dan PT. GF farm, Subang dalam pengadaan peralatan IOT perikanan

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Laboratorium CoE APAT SMKN Pertanian Terpadu Propinsi Riau

Sosialisasi Program CoE APAT SMKN Pertanian Terpadu Propinsi Riau

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *